Jangan Salah Pilih Antivirus Lokal (PCMAV, ANSAV, ato SMADAV)

Posted on Updated on

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saja. kalo ada yang tidak setuju boleh kirim komentar, kritik dan saran. GRATISSSS…..

Virus adalah musuh bagi semua pengguna komputer baik yang terhubung dengan internet maupun tidak. Virus sangat mudah sekali menyebar melalui jaringan internet, selain itu melalui flasdisk juga mempercepat penyebaran virus. Karena itu sangat dianjurkan dan hukumnya wajib setiap PC harus ada program Antivirusnya baik AV dari Indonesia sendiri maupun AV dari luar.

pada tulisan ini lebih memfokuskan pada Antivirus lokal karya Anak Bangsa. kita pasti sudah mengenal banyak AV Lokal yang saat ini banyak digunakan. Beberapa Av Lokal yang banyak digunakan saat ini adalah PCMAV, ANSAV, dan SMADAV.

pertanyaannya, manakah yang terbaik diantara ketiganya????

mari kita ulas (berdasarkan pengalaman pribadi)

PCMAV
PCMAV adalah antivirus lokal yang sampai saat ini masih eksis. perkembangan PCMAV mulai dari awal sampai pada versi Valkyrie banyak menarik minat masyarakat indonesia untuk menggunakan AV ini. dan AV pertama kali yang saya gunakan adalah PCMAV.
Kelebihan PCMAV saat ini sudah mampu mengenal dan membasmi virus dengan jumlah yang cukup besar. apalagi PCMAV juga bisa dipadukan dengan AV Asing yang bernama ClamAv sehingga database virusnya juga semakin banyak.
Namun sayang kelemahannya PCMAV tidak dapat dipadukan dengan AV Asing selain ClamAv. Sebut saja Kaspersky dan NOD32. tiap PC diisi dengan PCMAV selalu terdeteksi sebagai virus bahkan sampai saat ini.

ANSAV
Ansav adalah antivirus lokal kedua yang saya kenal setelah PCMAV. ada yang aneh pertama saya menggunakan ANSAV Advance (2008) karena seakan-akan bersaing dan bertarung dengan PCMAV. Ternyata bukan hanya AV Asing saja yang mendeteksi PCMAV sebagai virus, tetapi ANSAV juga mendeteksi PCMAV sebagai variant virus W32/mrcoolface. Tapi seiring dengan versi terbarunya saat ini ANSAV sudah tidak lagi mendeteksi PCMAV sebagai virus.
Kemampuan ANSAV menurut saya di atas PCMAV. ANSAV dapat secara otomatis mendeteksi virus dalam komputer meskipun tanpa menjalankan ANSAV Scanner sehingga penggunannya lebih efektif dan efisien. selain itu, Update virus database-nya bisa didapat secara online atau upgrade langsung tanpa harus melakukan Uninstall pada versi yang lama.

SMADAV
SMADAV adalah Antivirus lokal yang juga banyak digunakan masyarakat komputer Indonesia. Saat tulisan ini dibuat sudah pada versi 4.3 yang mempunyai kelebihan Smartp yang cukup ringan dan cepat. selain itu SMADAV versi terbaru juga memberikan fitur yang unik dan satu-satunya di Indonesia atau bahkan di dunia yang dinamakan dengan Smadlock yang berfungsi sebagai pengaman flashdisk dari virus khususnya Autorun.inf sampai 99 persen tingkat keamanannya.
Namun Kelemahannya yaitu ternyata SMADAV tidak seperti PCMAV atau ANSAV yang sudah mengenal banyak virus sehingga tak jarang beberapa variant virus yang banyak menyebar di Indonesia tidak dapat dihalau oleh SMADAV. cukup repot bukan??? dan juga yang dibilang Smadlock dapat memberikan keamanan file dari serangan virus di flashdisk memang benar adanya, tetapi terbatas pada file yang dimasukkan dalam folder Smadlock. kenyataannya beberapa variant virus masih dapat masuk ke dalam flashdisk apalagi dengan yang namanya Conficker tak dapat dikenali oleh SMADAV alias bebas masuk.

Jadi, dari ketiga Antivirus lokal di atas yang terbaik yang mana y???? pasti jawaban semua orang berbeda-beda. tapi saya sendiri memberikan rasa hormat kepada ANSAV. Berdasarkan alasan-alasan di atas memang ANSAV pantas mendapat rangking I dari saya. he he he he
Meskipun PCMAV juga dapat membasmi conficker ternyata ANSAV juga dapat membasminya. Yang menjadikan ANSAV lebih unggul adalah kecepatannya dalam mengenal virus. ANSAV lebih cepat mengenal atau mendeteksi virus daripada PCMAV. Selain itu, ANSAV aman dari false alarm alias bersih dan tahan terhadap serangan virus.

MENURUT ANDA ??????

ANSAV : http://www.ansav.com/
PCMAV : http://www.pcmav.biz/ http://www.pcmav.org/
SMADAV : http://www.nafarin.com/

20 thoughts on “Jangan Salah Pilih Antivirus Lokal (PCMAV, ANSAV, ato SMADAV)

    pangki said:
    7 Juli 2009 pukul 2:34 pm

    Mending AV lokal itu digunakan bersamaan, memang sediki ribet dan menghambat kinerja komputer, tapi demi keamanan, bolehlah dilakukan.

    Menurut saya, PCMAV memang yang paling ribet, selain itu dia juga sering tidak bisa memperbaiki atau bahkan menghapus virus.

    Saya juga setuju kalau ANSAV menduduki ranking pertama🙂

    Yang saya kurang paham adalah fitur SMADLOCK pada SMADAV. Saya kira fitur itu bisa memproteksi flashdisk secara keselurahan, yaitu dengan tidak mengijinkan file virus semacam autorun.inf masuk secara otomatis. ternyata hanya bisa melindungi file yang dimasukkan ke folder tertentu saja.

    Yah, mungkin kita harus menunggu lagi para pengembang AV lokal yang pinter2 ini nerilis AV lokal yang bener2 ampuh, terutama untuk membasmi virus autorun.

    guitaronz said:
    12 Juli 2009 pukul 6:14 pm

    ansav udh bs di halau sama virus .. pcmav jg ..
    tiba2 saya dapat smadav ..
    aman dr halauan virus tsb
    (halau = damage by virus)

    muhammad541d responded:
    14 Juli 2009 pukul 12:35 am

    ada kelemahan dan ada kelebihan juga tiap masing-masing av lokal. sekedar informasi, smadav tidak mampu menghalau virus “suriken” dan “yuyunlauncher” yang juga banyak menyebar. untuk versi terbaru smadav belum saya coba. lebih baik dipadukan ansav dengan smadav, hasilnya lebih topcer…

    dewandaru said:
    9 September 2009 pukul 12:26 am

    saya pilih smadav
    selain mudah,simpel, dan ringan
    smadav sudah banyak membantu teman2 saya yang terkena virus dan menyembuhkannya dengan hanya klik smadav n_n

    Nur Yaqin said:
    16 September 2009 pukul 9:20 am

    kulo berpendapat milih smadav pak. coz ansav malah sering terkena virus

    irwansyah said:
    24 September 2009 pukul 4:42 am

    Mas knapanya update antivirus ansav dan dan pcmav agak sedikit susah, dan mengapa virus yang sudah terdeteksi kadang tidak bisa di bersihkan…malah kadang antivirusny Ga bisa memprotek virus yang datang dari luar..terima kasih..tolong di balas ya mas…………….!

    muhammad541d responded:
    25 September 2009 pukul 3:49 am

    @irwansyah :
    perlu dicek lagi tu koneksi internetnya.. selama ini q g da masalah update baik pcmav maupun ansav… ato mungkin kalo updatenya bareng bs jadi memperlambat proses update. so, gantian ja yang update yar bs lebih cpt…

    pcmav dan ansav kan sudah ada fasilitas “Quarantine”, pake itu ja yar virus tsb g sampe nybar… kalo maslh gbs mrotek virus dari luar artinya tu virus belum masuk database AV yang dipake.

    q saranin dech digabung dg AV asing.. spt Avira, Avast, NOD32, ato yang lain biar komputer qt lebih aman dari serangan virus baik lokal maupun asing…

    Don Sangnaga said:
    5 November 2009 pukul 2:25 pm

    Menurut saya menggunakan SMADAV sangat menyebalkan…Kenapa karena menyuruh membayar jika ingin maksimalkan smadav. Patut curiga fitur SMADLOCK. Untuk kedepannya Flashdisk lo gak bisa digunakan selain dapat lisensi berbayar dari SMADAV, kecuali di FORMAT tuh flashdisk
    Justru ketika Virus ganas yang terbaru menginfeksi PC Ansav akan dengan sendirinya akan error, itu merupakan suatu kelebihan. Ketimbang dengan PCMAV dan SMADAV, ketika virus yang tidak dapat dikenalinya nyelonong..PCMAV dan SMADAV tetap adem ayem, walhasil mereka ikut meramaikan penyebaran virus.

    joko sumbung said:
    13 Desember 2009 pukul 5:55 pm

    gw setuju banget dengan ANSAV tuuuuu karena ansav lebih ringan dan lebih efektive membasmi Virus local

    LaHaS said:
    4 Februari 2010 pukul 8:33 pm

    maaf klo salah ngucap..
    salut deh buat founder AV indonesia,,, trus berkarya bro !! yg jadi masalah adalah virus2 lokal kita masih belum berevolusi dan kalau jeli,,, sebetulnya bisa ngapus tuh virus cukup dengan DOS dan hijackThis,,, soale bekas luka + serangan na berputar2 di daerah disable task manager, Hidden Folder + file trus bikin samaran folder dan file berekstensi .scr .exe .dll .vbs, menggandakan diri, backup n restore injected registry,,, paling mentok mematikan service windows !!
    klo boleh kasih masukan,,, pilih AV yg support update vdf na tinggi + hati2 untuk melakukan klik 2x pada file yg mencurigakan..
    ngapunten nggih mas !!

    muhammad541d responded:
    9 Februari 2010 pukul 12:38 am

    @LaHaS : bagus banget masukannya….

    Febri said:
    19 April 2010 pukul 3:36 pm

    Saya milih AnsaV dan SmadAv!!

    Ansav (versi 2):
    +update mudah
    +ringan
    +v.db nya banyak
    -sering eror kalo update new engine (download versi baru)
    -sering ilang pluginsnya

    Smadav:
    +cepet banget scan-nya
    +ada versi pro yang dishare
    -kurang memadai sama kompi ini (berat, lambat, sisa hdd cuma sktr upto 8gb dari total 80gb) n databasenya kurang byak.
    -Update harus download hampir 1mb😦 masalahnya saya pake hape modem PCnya.

    PCMAV… kurang meyakinkan. Dulu pernah ada tapi malah bikin masalah, harus install ulang.

    muhammad541d responded:
    19 April 2010 pukul 11:14 pm

    betul banget ttg ansav, sekarang untuk yang versi terbarunya emang sulit di download….

    ilzam said:
    22 April 2010 pukul 4:41 am

    heeeeeeeeeeeeeeeeeeeee ngunu ae koond0o0o..,,.,.,/?????

    dr_kabel said:
    9 Mei 2010 pukul 5:46 pm

    trims atas waktunya….
    anti virus….
    yach samalah sepeti tubuh manusia..
    kita bayangin kalo badan kita sakit, terus dikasih banyak macemnya obat, juga malah parah sakitnya.
    untuk smadav ( proses managernya dikit banget jadi lebih ringan di komputer)
    untuk ansav (engine nya bagus masih banyak juga yang bolong, maksutna masih juga banyak kebobolan virus)
    pcmav (kurang coba2 tapi kayanya juga efektiv , cuman banyak macem2)

    saran saya :
    anti virus lokal tuh udah oke banget, dari sisi manapun udah oke, bolehlah kalo saya kasih masukan . gimana biar proses scannya lebi cepat kayak smadav, enggine-nya lebih jitu (mengena) kayak ansav.
    masak komputer kena virus (08.exe (gak tau namanya)) ehhh bukanya jadi anti virus malah mati duluan..
    yah wajarlah namanya juga usaha bidang anti virus….
    jd kalo gratis mungkin juga fasilitas minim, kalo yang bayar yach pasti dapet fasilitas yang wah!!
    betul..
    kalo saya pribadi sih pecinta barang gratiss!!!

    Har Tono said:
    27 Februari 2011 pukul 7:40 am

    Hmm… Kalo ANSAV & SMADAV Lebih Efektif, Coba kalo ada 2? bisa nggak ya???

    muhammad541d responded:
    28 Februari 2011 pukul 3:51 am

    btul bangetz tuh… bsa kok… tapi nurutq tetep butuh AV asing juga… apalagi kalo sering dipake OL…

    zaenuri said:
    19 Maret 2011 pukul 5:09 am

    saya bingung klo menggunakan smadav kadang terkena smadlock dan flahdisk tidak dapat mengcopy data

    NIC said:
    13 Oktober 2012 pukul 5:42 pm

    Ansav versi terbaru sama smadav versi terbaru bagusan yg mana??? Ansav dapat di gabungin sama AV luar apa aja…

    Pliss jawab..

    Makasih…😉

    muhammad541d responded:
    15 Oktober 2012 pukul 3:30 am

    Ansav sekarang sudah tidak mengeluarkan versi terbarunya semenjak versi 2.0.53 dan tidak dapat berjalan di windows7 memang patut disayangkan karena Ansav dapat disatukan dengan engine antivirus ClamAv yang sudah mengenal hampir 20.000 virus komputer….
    kelemahan SmadAv tetap sama semenjak dari awal, ketika di dalam PC terserang Virus terkadang tidak mampu total membersihkan virus malahan apabila kita memasukkan flashdrive bersih dari virus dapat terinfeksi virus dari smadav yang tdak mampu membasmi virus komputer… agak rumit @_@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s