Seminggu Sebelum Gus Dur Wafat

Posted on

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN….

KH. ABDURRAMAN WAHID
Sang Presiden Rakyat dan Kekasih Allah

Warga Indonesia dan khususnya warga Nahdliyin berduka cita atas wafatnya sang tokoh nyentrik asal Jombang “KH. ABDURRAHMAN WAHID” Al-Maghfurlah…

Betapa kita tidak merasa shock dan kaget atas kematian Beliau, memang benar dikabarkan sejak hari kamis yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Desember 2009 kesehatan Gus Dur menurun waktu di jombang sampai akhirnya dirujuk ke RSCM kemudian dikabarkan kesehatannya membaik. Namun kehendak Allah tidak ada yang bisa menghalangi. Gus Dur pada tanggal 30 Desember 2009 pukul 18.45 telah kembali kepada Allah SWT.

Tulisan ini tidak menceritakan kiprahnya dalam kehidupan nasional dan internasional namun menceritakan detik-detik sebelum kematian beliau tepatnya seminggu sebelumnya.

Diawali pada hari Kamis (24-12-2009) beliau menyempatkan diri untuk berziarah ke makam keluarga yang berada di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan setelah inilah Gus Dur langsung mengalami sakit sehingga dirujuk ke RSUD Jombang.

Ketika di RSUD Jombang, rencannya Gus Dur di Rujuk ke RS di Surabaya namun di tengah jalan beliau mengajak rombongan yang mengantarkannya ke Surabaya untuk kembali ke Jombang dan berziarah ke makam keluarganya di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Mulai mendengar kabar ini sebenarnya secara pribadi saya berpikir dan berdo’a dalam hati mudah-mudahan peristiwa ini bukanlah pertanda Gus Dur akan meninggalkan kita dengan berpamitan ke makam keluarganya.

Setelah selesai bersilaturrahim dan berziarah ke Jombang, Gus Dur kemudian dikirim ke RSCM Jakarta untuk menjalani perawatan kesehatan. Semakin hati ini berdebar dan mendoakan akan kesehatan beliau. dan memang semenjak Gus Dur berada di RSCM sebenarnya para santri di jawa timur khususnya di Jombang diwajibkan untuk mendoakan beliau dengan cara membaca tahlil atau istighotsah.

Kabar baik telah terdengar bahwa kesehatan Gus Dur semakin membaik apalagi pada hari minggu Gus Dur meminta untuk berjalan-jalan ke kantor PBNU. Saya turut senang mendengar kabar kesehatan Gus Dur yang semakin membaik namun hati kecil tetap berharap “Mudah-mudahan ini memang bukan pertanda Gus Dur berpamitan untuk yang terakhir kalinya”.

Pada hari selasa RSCM mengeluarkan kabar kesehatan Gus Dur membaik lagi. Mulai pada hari ini (selasa) perasaan buruk saya sudah menghilang karena yakin 100% Gus Dur pasti sudah sembuh.

Puncaknya pada hari Rabo semalam benar-benar membuat hati shock dan kaget dan disertai rasa duka yang mendalam mendengar kabar meninggalnya Gus Dur.

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun….

Tidak disangka perkataan hati kecil ini memang terbukti bahwa perjalanan Gus Dur sejak seminggu dari berziarah ke Jombang sampai berjalan-jalan ke PBNU (meski hari minggu) adalah pertanda Gus Dur berpamitan terakhir kalinya sebelum meninggalkan dunia yang fana’ ini…

Subhanallah … … Allahu Akbar … …

Kisah seminggu sebelum wafatnya Gus Dur ini mengingatkanku terhadap kematian kebanyakan para Waliyullah yang menyempatkan diri “berpamitan” sebelum wafat. Apalagi dikabarkan 2 hari sebelum wafat, Gus Dur tidak pernah makan yang artinya mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh dan membiarkan tubuh bersih dari makanan dan inipun adalah layaknya kisah kematian para Auliyaallah terdahulu.

Jarang sekali seseorang mengalami hal seperti itu sebelum ajal menjemputnya kecuali orang-orang yang benar-benar dekat dengan Allah SWT. Kita doakan Gus Dur agar mendapatkan ridlo di sisi-Nya dan diampuni seluruh dosa-dosa dan kesalahannya. Amiiin.

Selamat jalan Gus Dur….
Kami yakin engkau adalah salah satu Kekasih Allah yang masih tersisa di dunia ini….

Allahummaghfir lahu…
Warkhamhu…
Wa ‘Afihi…
Wa’fu ‘Anhu…

2 thoughts on “Seminggu Sebelum Gus Dur Wafat

    masiqbal said:
    22 Januari 2010 pukul 4:36 pm

    Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun…
    Allahummaghfirlahu Warkhamhu Wa ‘Afihi Wa’fu ‘Anhu…
    Selamat jalan Gus…

    Donie said:
    8 Februari 2010 pukul 3:15 am

    satu2nya tokoh islam yg sangat toleran terhadap non-muslim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s