Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar

Posted on

“Tulisan ini saya susun dari berbagai sumber blog di internet oleh karena itu semua boleh copy paste jika dianggap bermanfaat….”


  1. A. Pendahuluan

Sudah saatnya perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya di Sekolah Dasar harus semakin diperhatikan baik dari segi sarana, prasarana, tenaga pendidiknya, maupun siswanya. Terlebih lagi pada era sekarang yang lebih dikenal dengan era teknologi karena memang perkembangannya sangat cepat bukan lagi dari tahun ke tahun tetapi sudah dari hari ke hari dapat terjadi perubahan yang sangat berbeda dari waktu sebelumnya.

Tuntutan perkembangan teknologi harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pendidik dalam artian pendidikan nantinya harus berjalan seimbang dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Paradigma yang harus diperbaiki saat ini adalah bahwa perkembangan teknologi dalam pendidikan bukan hanya berpusat pada system manajemen atau administrasi (termasuk kelengkapan persiapan pembelajaran) sebatas teori atau penguasaan materi saja tetapi lebih tepat diseimbangkan dengan perkembangan teknologi yang bersifat sebagai mediator atau sarana pendukung dalam proses pembelajaran. Salah satu hal yang seharusnya diseimbangkan oleh para pendidik dalam pembelajaran terhadap perkembangan teknologi adalah pemanfaatan TIK.

Pemanfaatan TIK dalam pendidikan dan pembelajaran jika benar-benar diterapkan di setiap sekolah mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi akan memberikan sebuah perubahan yang positif.

Sebagai salah satu contoh dengan adanya internet di sekolah siswa dapat mencari sumber pengetahuan lain yang selama ini hanya berpusat pada buku pelajaran. Tentunya yang diuntungkan bukan hanya siswa tersebut saja yang mendapat pengetahuan lebih tetapi disamping itu guru juga bisa lebih memberikan suasana belajar kepada siswa yang efektif, efisien, dan menyenangkan.

selanjutnya…..

sumber :
http://gurukreatif.wordpress.com/2008/04/15/integrasi-tik-dalam-pembelajaran-di-sekolah-dasar-makalah-seminar-the-power-of-ict-di-pasca-sarjana-universitas-negeri-jakarta-15-april-2008/
http://rinakarlinarina.blogspot.com/2009/01/pengertian-tik.html

http://info.g-excess.com/id/info/komunikasisejarahperkembangan.info
http://sahidanwar.wordpress.com/2008/09/08/manfaat-tik-di-sekolah/#more-39

http://areebahu.blogspot.com/2009/10/hambatan-pemanfaatan-tik-untuk.html

http://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/tag/kendala-tik/

3 thoughts on “Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar

    Ahmad Agus Al Umar said:
    13 April 2010 pukul 6:14 am

    saya rasa ini hanya bisa diterapkan di sekolah sd dengan tingkat ekonomi “menengah keatas”…

    muhammad541d responded:
    19 April 2010 pukul 1:48 pm

    yup… itu adalah hambatannya….

    Pujo Cahyono said:
    10 Agustus 2012 pukul 2:19 am

    Salam kenal, melalui blog ini saya menginformasikan dan mari menyongsong teknologi masa depan untuk pendidikan, kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#berpacu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s