Islam, Agama untuk seluruh Alam

Posted on

Agama Islam adalah agama Rahmatan Lil ‘Alamiin yang artinya Sebagai rahmat untuk seluruh alam. Apa dan siapakah “alam” itu???
Alam adalah “segala sesuatu kecuali Allah SWT”. Alam ada permulaan dan ada akhiran serta bisa hancur kapan saja, tetapi Allah tidak bermula dan tidak pula berakhir serta Maha Abadi.
Dari pengertian alam di atas tentunya banyak yang tidak mengerti tentang Islam. Sejenak dan sepintas mungkin masih banyak yang menganggap bahwa agama Islam hanya untuk penganutnya saja padahal pandangan yang seperti itu salah besar. Apalgi jika dipadukan dengan konsep “Rahmatan lil ‘alamin” sudah nampaklah jelas bahwa Islam adalah agama untuk siapa saja.

Di dalam kitab Mabadi’-pun sudah disebutkan bahwa Islam adalah agama sebagai petunjuk bagi “Manusia”. Tidak menyebutkan secara khusus untuk penganutnya saja (muslim).

Sungguh agung agama Allah ini karena Islam adalah agama penyempurna dari agama-agama terdahulu yang dibawa oleh nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad. apalagi konsep penyebarannya tidaklah dengan kekerasan atau paksaan tetapi selain Allah menggunakan kehendaknya atas petunjuk bagi manusia untuk memeluk Islam, Allah memberikan kebebasan bagi manusia untuk memilih Islam sebagai agamanya atau tidak.

Dalam firmannya ayat terakhir surat Al-Kafiruun :
“Lakum Diinukum Waliya Diini”
Bagimu agamamu dan bagiku agamaku…

meskipun jelas bahwa agama Islam adalah satu-satunya agama yang benar yang dikehendaki Allah tetapi bukan berarti dalam memeluk agama ini Allah memaksa manusia menjadikan Islam sebagai agamanya.

Singkatnya, Allah sudah memberi petunjuk kepada manusia melalui agama Islam, bagi manusia yang ingin hidup bahagia di dunia akhirat maka seharusnya manusia memilih Islam sebagai agamanya. bagi yang tidak memilih Islam, maka seballiknya di akhirat kelak akan mendapatkan siksa api neraka dan celaka yang nyata.

wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s